Minggu, 09 November 2014

IC 7473


IC Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan. Prinsip dasar dari flip-flop adalah suatu komponen elektronika dasar seperti transistor, resistor dan dioda yang di rangkai menjadi suatu gerbang logika yang dapat bekerja secara sekuensial. Salah satu jenis flip-flop adalah J-K flip-flop.


JK Flip-Flop sering disebut dengan JK FF induk hamba atau Master Slave JK FF karena terdiri dari dua buah flip-flop, yaitu Master FF dan Slave FF. Master Slave JK Slave JK FF ini memiliki 3 buah terminal input yaitu J, K dan Clock. Sedangkan IC yang dipakai untuk menyusun JK FF adalah 7473 yang mempunyai 2 buah JK Flip-Flop. Kelebihan JK FF terhadap FF sebelumnya yaitu JK FF tidak mempunyai kondisi terlarang artinya berapapun input yang diberikan asal ada clock maka akan terjadi perubahan pada output.


Simbol J-K Flip Flop







Gambar Rangkaian



Penjelasan Rangkaian :
1. Rangkaian J-K Flip Flop akan bekerja jika Pin no. 1 dihubungkan ke clock.
2. Jika keadaan input J berlogika 0 dan K berlogika 0 maka output akan mengikuti keadaan sebelumnya. (Jika sebelumnya output berlogika 1 dan 0, maka keadaan Q dan Qnot akan mengikuti 1 dan 0)
3. Jika keadaan input J berlogika 1 dan K berlogika 0 maka output Q akan berlogika 1 sedangkan Qnot berlogika 0.
4. Jika keadaan input J berlogika 0 dan K berlogika 1 maka output Q akan berlogika 0 sedangkan Qnot berlogika 1
5. Jika keadaan input J berlogika 1 dan K berlogika 1 maka output akan terjadi TOOGLE.
6. Rangkaian Pull-Up berfungsi untuk mencegah terjadinya short circuit. Jadi Saat button tidak ditekan, input pin akan terhubung ke VCC, Sedangkan Ketika button ditekan, jalur dengan resistor yang lebih rendah akan menghubungkan pin dengan ground.

Layout

Tata Letak




Alat dan Bahan

            -ALAT :
v  SOLDER
v  PENYEDOT TIMAH
v  TIMAH
v  AVO METER
v  POWER SUPPLY (5V)

-BAHAN :
v  IC 7473
v  RESISTOR 10K (2 Buah)
v RESISTOR 220 (2 Buah)  
v LED 2 Buah
v Switch 2 Buah

Kelompok 2

  1. Amur Pinomo M
  2. Maulana Khairullah
  3. Rifky Bagus F
  4. Singgih Johan K


Tidak ada komentar:

Posting Komentar